Kamis, 08 Oktober 2015

Tugas 1 Desain Pemodelan Grafis


Kelas     : 3IA14
NPM      : 54413418
Nama     : INGRI MARTA YONDRA

Menganalisis Logo Brand/Perusahaan


Logo menurut Wikipedia merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu yang singkat dan mudah diingat sebagai pengganti dari nama sebenarnya.
Logo harus memiliki filosofi dan kerangka dasar berupa konsep dengan tujuan melahirkan sifat yang berdiri sendiri atau mandiri. Logo lebih lazim dikenal oleh penglihatan atau visual, seperti ciri khas berupa warna dan bentuk logo tersebut.
Beberapa kategori logo dn filosofi nya:

1. Nama Perusahaan/Brand


 Samsung didirikan oleh Lee Byung-Chul pada tahun 1938 merupakan perusahaan multinasional berbasis di Seoul, Korea Selatan  yang mengkhususkan diri dalam menciptakan sistem bisnis komunikasi . Samsung salah satu produsen perangkat elektronik terbesar di dunia saat ini.
Landasan identitasnya adalah logo Samsung yang biru dinamis , yang telah menjadi salah satu logo perusahaan elektronik yang paling dikenal di dunia.

Filosofi :
1)  Samsung dalam bahasa Korea berarti 'bintang tiga'. Nama ini dipilih oleh pendiri Samsung, Lee Byung-chull, dengan harapan Samsung pada suatu hari bisa tumbuh kuat dan menjadi abadi layaknya bintang di langit
2) Angka tiga adalah sebuah simbol dalam bahasa Korea, yang merepresentasikan sesuatu yang besar dan kuat. Harapan dan makna di balik brand Samsung pun kini terbukti dengan keberhasilan perusahaan dalam beberapa tahun terakhir, terutama di industri smartphone
3)Samsung sendiri telah beberapa kali mengubah logonya. Bintang tiga terlihat dalam evolusi logo Samsung sejak 1950 hingga 1992
4) logo diputar sekitar sepuluh derajat dari sumbu x-, menciptakan rasa  yang dinamis
5) nama “Samsung” keluar dari tanda oval, sehingga biasa dipahami tulisan samsung membelah oval tersebut
6)Warna biru pada logo Samsung menandakan kepercayaan, tanggungjawab, dan komitmen dalam pelayanan

Sumber : http://bursadesain.com/arti-logo-samsung/
       http://tekno.liputan6.com/read/2179843/makna-di-balik-logo-samsung

2.  Prefix (Huruf Depan Perusahaan)


 Hasil gambar untuk facebook adalah

Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan Februari 2004, dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Inc.Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa Universitas Harvard, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes.

Filosofi :
1) Huruf F melambangkan prefix dari nama brand/perusahaan tersebut yakni Facebook (F) dan memiliki makna keterbukaan. Keterbukaan yang dimaksud oleh Facebook adalahinteraksi dan koneksi secara global
2) Warna putih pada huruf F memiliki makna kesucian
3)Persegi warna biru adalah warna yang mumpunyai arti universalitas, disamping terbuka, lambang facebook juga bersifat universal. Facebook merupakan layanan universal yang menghubungkan siapa saja didunia maya
4) Secara umum dapat disimpulkan bahwa lambang Facebook memiliki makna keterbukaan dan universalitas yang harus dijaga aturan dan tata kramanya

Sumber : http://www.anneahira.com/lambang-facebook.htm

3.Kombinasi Nama dan Prefix

 



Baskin-Robbins Inc. adalah waralaba makanan internasional yang mengkhususkan dalam es krim. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1945 di Glendale, California. Baskin-Robbins merupakan waralaba es krim terbesar di dunia. Saat ini Baskin-Robbins memiliki lebih dari 3.000 gerai dari lebih dari 30 negara di dunia.

Filosofi :
1) Logo 31 adalah simbol dari jumlah rasa yang tersedia, satu untuk setiap hari dalam satu bulan
2) Bola-bola pink dan cokelat melambangkan buah cherry dan rasa cokelat
3)  bulat-bulatan pada dasar berwarna putih melambangkan rasa, kesenangan dan keaslian dari produk mereka
4)  Font yang mereka pakai lebih berbentuk zig-zag
5) Warna pink mencirikan sendok pink yang diberikan untuk mencicipi sample rasa sedangkan warna biru berarti kualitas dan keunggulan produk
Sumber : http://filosofilogo.blogspot.co.id/2015/08/filosofi-logo-baskin-robbins.html

4. Kombinasi Nama dan Grafik

 




Coca-Cola merupakan salah satu merek terbesar pada abad ke-21, Coca-Cola dianggap sebagai minuman berkarbonasi yang paling terkenal yang pernah diciptakan. Minuman ini awalnya dipromosikan sebagai obat, tetapi kemudian mendapatkan popularitas karena rasa cola nya yang unik. Serupa dengan rasa Coca Cola, logo perusahaan juga mendapat ketenaran karena desain yang unik.

Filosofi :
1) Jenis huruf yang digunakan dalam gambar logo Coca-Colla, disebut “Spencerian”, diciptakan pada pertengahan abad ke-19 . Itu adalah bentuk dominan dari tulisan tangan yang resmi di Amerika pada jaman itu
2) Gambar logo Coca-Cola muncul dalam iklan untuk pertama kalinya di Atlanta Journal pada tahun 1915. Gambar logo Coca-Cola terdaftar sebagai merek dagang pada tahun 1887 dan sejak itu menjadi identitas eksklusif  perusahaan
3) Skema warna merah dan putih pada logo Coca-Cola meambangkan kesederhanaan, menyenangkan dan khas untuk menarik orang muda. Sedangkan warna merah melambangkan gairah, tekad, kemudaan dan vitalitas, warna putih melambangkan pesona dan keanggunan merek Coca-Cola

Sumber : http://filosofilogo.blogspot.co.id/2015/08/filosofi-logo-coca-cola.html

5. Implikasi Nama Perusahaan

 



 Menurut Wikipedia Perusahaan Listrik Negara (disingkat PLN) adalah sebuah BUMN yang mengurusi semua aspek kelistrikan yang ada di Indonesia. Bentuk, warna dan makna lambang Perusahaan resmi yang digunakan adalah sesuai yang tercantum pada Lampiran Surat Keputusan Direksi Perusahaan Umum Listrik Negara No. : 031/DIR/76 Tanggal : 1 Juni 1976, mengenai Pembakuan Lambang Perusahaan Umum Listrik Negara.

Filosofi :
1) Bidang Persegi Panjang Vertikal
 Menjadi bidang dasar bagi elemen-elemen lambang lalnnya, melambangkan bahwa PT PLN (Persero) merupakan wadah atau organisasi yang terorganisir dengan sempurna. Berwarna kuning untuk menggambarkan pencerahan, seperti yang diharapkan PLN bahwa listrik mampu menciptakan pencerahan bagi kehidupan masyarakat. Kuning juga melambangkan semangat yang menyala-nyala yang dimiliki tiap insan yang berkarya di perusahaan ini.
2) Petir atau Kilat
 Melambangkan tenaga listrik yang terkandung di dalamnya sebagai produk jasa utama yang dihasilkan oleh perusahaan. Selain itu petir pun mengartikan kerja cepat dan tepat para insan PT PLN (Persero) dalam memberikan solusi terbaik bagi para pelanggannya. Warnanya yang merah melambangkan kedewasaan PLN sebagai perusahaan listrik pertama di Indonesia dan kedinamisan gerak laju perusahaan beserta tiap insan perusahaan serta keberanian dalam menghadapi tantangan perkembangan jaman
3) Tiga Gelombang
Memiliki arti gaya rambat energi listrik yang dialirkan oteh tiga bidang usaha utama yang digeluti perusahaan yaitu pembangkitan, penyaluran dan distribusi yang seiring sejalan dengan kerja keras para insan PT PLN (Persero) guna memberikan layanan terbaik bagi pelanggannya. Diberi warna biru untuk menampilkan kesan konstan (sesuatu yang tetap) seperti halnya listrik yang tetap diperlukan dalam kehidupan manusia. Di samping itu biru juga melambangkan keandalan yang dimiliki insan-insan perusahaan dalam memberikan layanan terbaik bagi para pelanggannya.

Sumber : http://pln-jatim.co.id/red/?m=profil&p=makna_logo

6. Tujuan Perusahaan

 

 


 Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (Perbara)[5][6] atau lebih populer dengan sebutan Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) merupakan sebuah organisasi geo-politik dan ekonomi dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara, yang didirikan di Bangkok, 8 Agustus 1967 berdasarkan Deklarasi Bangkok oleh Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. Organisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan pengembangan kebudayaan negara-negara anggotanya, memajukan perdamaian dan stabilitas di tingkat regionalnya, serta meningkatkan kesempatan untuk membahas perbedaan di antara anggotanya dengan damai.

Filosofi :
1) seikat batang padi yang berjumlah sesuai dengan jumlah anggotanya
2) Lambang ini menggambarkan solidaritas dan kesepakatan ASEAN serta keterikatannya untuk bekerja sama bagi aspirasi da kemakmuran rakyatnya (lihat artikel Terbentuknya ASEAN dan tujuannya)
3) Lambang tersebut juga menggambarkan kesetiaan ASEAN pada perdamaian dan stabilitas kawasan dalam hubungannya dengan dunia pada umumnya.
4) Batang padi berwarna Cokelat, melambangkan kekuatan dan stabilitas
5) Tulisan ASEAN dan lingkaran berwarna Biru, melambangkan persahabatan
6) Dasar berwarna Kuning, menggambarkan kemakmuran

Sumber : http://www.sejarah-negara.com/2013/07/lambang-asean-dan-penjelasannya.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar